Cara Ampuh Mengajarkan Anak Mandiri Sejak Dini

posted in: Uncategorized | 2

Tas Sekolah TK dan Paud – Setiap anak memiliki keunikan dan tahap kembang yang berbeda. Orangtua pun diharapkan mampu mengajarkan kemandirian pada anak sejak usia dini. Namun, ada baiknya jika memperhatikan usia si kecil. Tahap pengenalan kemandirian harus disesuaikan dengan rentang usia si kecil. Anak belajar mandiri sejak kecil akan mendorong tumbuhnya perilaku positif seiring perkembangan usia.

Cara Ampuh Mengajarkan Anak Mandiri Sejak Dini
Cara Ampuh Mengajarkan Anak Mandiri Sejak Dini

 

Hal yang bisa meningkatkan anak belajar mandiri sejak kecil

Umumnya, anak akan memasuki rentang pendidikan pra sekolah dasar pada usia 2-5 tahun. Jenjang pendidikan playgroup dan taman kanak-kanak biasa dipilih sebagai tahap pondasi si kecil memasuki bangku sekolah hingga genap usia 6-7 tahun. Pendidikan yang dipilih pun mengutamakan ruang bermain anak sembari belajar ilmu seperti berhitung, menulis, membaca dan menggambar. Anak belajar mandiri sejak ia akan berangkat ke sekolah.

Setidaknya anda bisa mengawasi si kecil mempersiapkan kebutuhan belajarnya sendiri dalam tas sekolah. Biarkan anak belajar mandiri memakai sepatu atau seragam sendiri. Kesalahan orangtua dalam mendidik anak adalah lekas membantu atau melayani keperluan anak. Biarkan dia mencoba sesuatu sendiri meski apa yang dikerjakan tidak sepenuhnya sempurna.

Di sekolah pun, para guru akan mengajari kemandirian pada anak-anak lewat pembelajaran yang edukatif. Permainan yang dipilih pun umumnya akan meningkatkan kemandirian, kreativitas hingga kerja sama dengan teman lain. Guru pembimbing akan berusaha maksimal menanamkan sikap dan perilaku yang bisa mencapai level kemandirian. Sebagai orangtua, anda wajib mendukung segala hal yang dilakukan para pendidik di bangku prasekolah.

 

Faktor lingkungan mempengaruhi anak belajar mandiri

Sebagai orangtua, anda tidak boleh menyerahkan pendidikan anak belajar mandiri pada guru di sekolah saja. Lingkungan tempat tinggal sangat mempengaruhi kepribadian anak. Keluarga menjadi lingkungan pertama yang akan mendukung si kecil belajar mandiri. Maksimalkan kemandirian si kecil dari lingkungan rumah terlebih dahulu. Sikap mandiri yang telah terbentuk dari lingkungan keluarga akan terbawa ke mana-mana. Sedangkan sekolah adalah tempat pendukung lain yang akan meningkatkan kemandirian.

Kemandirian tidak bisa tumbuh secara sendiri tanpa ada pengajaran sejak awal. Penting sekali mengajarkan ilmu ini kepada anak sejak ia berusia dini. Anak yang tidak terlatih mandiri sejak kecil bisa menjadi pribadi yang selalu bergantung kedepannya. Ia enggan mencoba atau berusaha mendapatkan apa yang diinginkan. Hal ini bisa disebabkan akibat salah pola asuh sejak kecil.

Ingatlah kata Erikson bahwa anak usia 2-3 tahun adalah masa paling kritis mengembangkan kemandirian. Jika anda mengabaikan rentang usia tersebut maka bisa jadi ia akan mengalami kesulitan belajar mandiri. Nah, sudahkah anda mengajarkan anak belajar mandiri sejak ia berusia dini? Jika belum, lakukan saja dengan memulai hal sederhana seperti mengajarkan anak belajar mandiri seperti mempersiapkan kebutuhan belajar dalam tas sekolah secara mandiri.

Anda bisa memberikan tas sekolah yang lucu dan memiliki motif kesukaan si kecil agar dia mau membereskan perlengkapan sekolah sendiri. Selain itu, tas sekolah yang unik dan lucu akan menyemangati si kecil belajar lebih aktif lagi di sekolah. Ia akan rajin pergi ke sekolah sembari menenteng tas sekolah yang dibanggakan.

 

Informasi dan Pemesanan produk tas sekolah silahkan menghubungi customer service kami di no 085200230341 atau silahkan kirim email ke info@vansbags.com

2 Responses

Leave a Reply